Pantai TaliseSULAWESI TENGAH – Jika datang ke kota palu, jangan lewatkan untuk menghabiskan waktu sore anda di Pantai Talise. Pantai ini memang kerap dijadikan warga sebagai tempat untuk menunggu malam tiba. Tidak sulit untuk menjangkau kawasan ini, dari pusat kota cukup hanya menggunakan angkutan kota saja menuju Pantai Talise atau jika anda mengendarai mobil pribadi ikuti jalur outer ring road yang menuju jembatan palu.

Pantai Talise sendiri berada di Teluk Palu yang perairannya cukup tenang. Panorama di pantai inipun sangat indah apalagi jika sore hari tiba, tak heran banyak orang ingin menghabiskan waktu sore hari di pantai ini mungkin sambil bercengkrama dengan kerabat ataupun duduk-duduk sambil menikmati matahari yang perlahan-lahan menuju peraduannya.

Menikmati pergantian hari di pantai talise tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kudapan khas yang banyak dijual di warung-warung sepanjang pantai Talise. Salah satu kudapan khas yang biasa diserbu pelancong yang menghabiskan sore di pantai ini adalah pisang goreng. Pisang goreng yang ada disini berbeda dengan pisang goreng yang biasa kita temukan sehari-hari. Pisang goreng ini disajikan dengan cocolan sambal lombok. Bagi kita yang tak biasa memang akan terlihat aneh pisang goreng dengan rasa manis dicocol dengan sambil lombok yang pedas. Namun ternyata, setelah saya coba rasa pisang goreng yang manis berpadu dengan sambal lombok yang pedas membuat mulut ini tak henti untuk terus melahap potong demi potong.

Pisang yang digunakan untuk pisang goreng unik ini adalah jenis pisang raja yang belum terlalu matang sehingga daging pisang yang digoreng tidak terlalu lembek. satu buah pisang dipotong menjadi beberapa bagian melintang lalu dibalut dengan tepung kemudian digoreng. sedangkan untuk cocolannya, lombok (cabe merah) dihaluskan lalu diberi garam dan sedikit gula kemudian ditumis sebentar. pisang goreng ini nikmat disajikan selagi hangat. untuk satu porsi pisang goreng ini, kita cukup mengeluarkan kocek Rp10.000 dan satu porsi pisang goreng ini dapat dinikmati oleh dua orang.

Kurang lengkap rasanya menyantap pisang goreng tanpa ditemani segelas saraba. Saraba merupakan minuman yang terbuat dari air jahe parut yang ditambahkan susu. Minuman ini dapat menghangatkan badan dari kencangnya angin sore pantai talise. kita cukup mengeluarkan Rp6000 untuk segelas saraba hangat yang kaya akan manfaat.

Jadi, jika anda berkesempatan mengunjungi kota Palu jangan lewatkan untuk menikmati sore di pantai talise dengan ditemani sepiring pisang goreng dan segelas saraba.

Sumber: detiktravel