Gua MonyetMengunjungi Pulau Timor di Nusa Tenggara Timur, kita akan menemukan beberapa buah Goa. Goa yang kami kunjungi kali ini adalah Goa Panaf Bibi atau Goa Jepang, Goa Kristal dan Goa Monyet.

Kunjungan pertama mengunjungi Goa Panaf Bibi atau Goa Jepang. Alasan Goa tersebut dinamakan Goa Panaf Bibi karena bentuk goa tersebut seperti hidung kambing. Dan juga dinamakan Goa Jepang, karena Goa ini dibuat Oleh Tentara Jepang pada masa perjuangan tahun 1942 untuk pertahanan dan pengintaian oleh tentara Jepang.

Goa yang terletak sekitar 40 KM arah Selatan kota Kupang ini terletak di Desa Tasikona. Ada yang menguntungkan apabila kita mengunjungi Goa ini, karena pada saat kita keluar dari pintu keluar Goa maka kita akan langsung menuju tebing yang tinggi dan melihat secara langsung pemandangan Pantai Oepaha yang indah. Pantai Oepaha ini berhadapan langsung dengan Lautan lepas Laut Timor. Goa Panaf bibi ini berukuran sekitar 7 x 4 meter dan didalamnya mempunyai ruangan tersendiri berukuran 2 X 3 meter.

Goa yang kedua kami kunjungi adalah Goa Kristal, Goa ini terletak di Desa Bolok sekitar 15 KM arah Selatan dari kota Kupang. Jalan menuju ke arah Goa Kristal ini akan ditemui batu-batu karang yang telah berwarna hitam yang berserakan dan beberapa pohon Kusambi. Batu-batu karang yang berserakan diluar dari Goa Kristal di percaya oleh masyarakat sekitar karena dulunya daerah tersebut adalah lautan dan kemudian surut dan menyisakan karang-karang tersebut. Hal ini diyakinkan saat kami masuk kedalam Goa dan mendapati air yang ada didalam Goa rasanya asin seperti air laut.

Goa ketiga yang kami kunjungi adalah Goa Monyet yang terletak di Desa Alak. Di Goa ini terdapat ratusan Monyet yang telah hidup bertahun-tahun dan berkembang biak. Monyet yang hidup bebas dialam terbuka ini sangat jinak dan sangat bersahabat dengan setiap pengunjung yang datang. Hal ini menjadikan kunjungan ke Goa Monyet ini menjadi menyenangkan. Lokasi Goa yang berhadapan tepat dengan laut lepas ini menjadikan suasana sore di Goa ini menyenangkan karena kita dapat menyaksikan sunset dengan lembayung senjanya. Jadi, bila anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur jangan lewatkan mengunjungi Goa-goa tersebut.

Sumber: detiktravel

Iklan