Jawa Timur – Saat orang menyebut buah apel, udara sejuk, dan pesona alam nan indah pasti ingatannya akan tertuju pada Kota Wisata Batu. Ikon itu pula yang membedakan Kota Wisata Batu dengan kota lain di Indonesia. Secara geografis, kota yang baru saja merayakan HUTnya yang ke-9 ini berada pada ketinggian antara 680-1700 meter di atas permukaan air laut dengan suhu udara sekitar 15-19 derajat celcius. Tepatnya berada di sebelah barat Kota Malang dengan jarak kurang lebih 19 km. Jika bertolak dari Kota Surabaya, perjalanan ke Kota Wisata Batu butuh waktu kurang lebih 2 jam.

Kota_Batu

De Klien Switzerland ( Swiss Kecil di Pulau Jawa), begitu dulu orang Belanda menyebut kota nan elok itu. Mereka suka pergi ke Batu jika sedang kangen dengan kota terindah di dunia yakni Swiss. Menurut mereka, hannya satu yang tidak ada di batu dibandingkan Swiss yaitu salju.

Banyak hal yang bisa kita jumpai di kota yang berdiri di atas bukit ini. Sesuai dengan namanya Kota Wisata Batu, disini banyak terdapat objek wisata yang sangat menarik buat kita kunjungi sendiri ataupun bersama keluarga. Salah satunya adalah Taman Wisata Selecta yang terletak di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, objek wisata yang menawarkan hamparan bunga-bunga yang tertata apik layaknya bunga-bunga di Belanda. Selain itu Selecta juga menyediakan arena bermain, berenang, bersepeda air dan ekowisata berupa hutan pinus.

Puas menikmati aneka wahana, ada baiknya kita istirahat sejenak untuk sekedar melepas lelah sambil menikmati kopi hangat dan jagung bakar khas Batu di kawasan Payung. Tidak hanya itu Batu juga menawarkan pemandangan dan hawa dingin pegunungan di berbagai objek wisata yang tersebar di daerah pinggiran Kota Wisata Batu. Antara lain Pemandian Air Panas Songggoriti, Air Terjun Coban Rondo, Air Terjun Coban Rais, dan Coban Talun. Ada pula objek wisata sejarah Candi Renggo, Candi Songgoriti, dan lain-lain. Bagi yang mengingingkan kegiatan ekstrem, bisa menikmati wisata pendakian Gunung Banyak, Gunung Arjuno dan Gunung Panderma.

Tidaklah sulit untuk mencapai Kota Wisata Batu. Kota ini bisa dicapai melalui darat mauapun udara, dengan menggunakan kereta api, pesawat maupun kendaraan bermotor. Jika menggunakan transportasi umum, jalur terakhir di Terminal Arjosari, jalur selatan di Terminal Gadang, dan jalur barat di Terminal Landungsari. Bila anda turun di terminal atau stasiun dan ingin langsung menuju Kota Wisata Batu, kita bisa naik mikrolet atau taksi. Semua mikrolet atau angkutan umum dalam kota Malang dan Batu menggunakan inisial tujuan sebagai penanda jurusan. Sebagai contoh, AD untuk jurusan Arjosari-Dinoyo, GL untuk jurusan Gadang-Landungsari, dan AG untuk Arjosari-Gadang.

Untuk pengguna kereta api, akan turun di Stasiun Kota Malang yang berada di tengah kota. Dari stasiun itu kita tinggal mencari mikrolet menuju Terminal Landungsari. Jika tidak ingin repot, kita bisa naik taxi atau mencarter angkutan umum dengan tarif yang pasti lebih terjangkau. Bagitu juga bila kita menggunakan pesawat. Dari Bandara lanud Abdurrahman Saleh kita tinggal naik taxi yang tersedia dan langsung menuju Kota Wisata Batu. Samapi di Batu kita tidak perlu bingung mencari objek wisata yang akan kita kunjungi, karena lokasi semua objek wisata terpampang di beberapa sudut kota. Kita tinggal memilihobjek wisata mana yang pertama kali kita kunjungi.

Sumber: detiktravel