Kalimantan Timur – Perlu waktu 30 menit untuk mencapai pantai gersang, Manggar dari hotel Le Grendeur. Pantai dengan pasir yang lembut ini memang pantas disebut dengan pantai gersang karna memang matahari itu terasa hanya sejengkal dari kepala, tapi kalau melihat pemandangan hingga ke garis batasnya, jangan ditanyakan lagi, indah sekali!

Pantai Segara, Manggar

Laut yang biru dan hamparan pasir yang putih menambah keanggunan pantai ini. Sayang, pantai yang kadang digunakan sebagai lahan pelathan militer ini masih belum terawat dengan baik, banyak sampah dimana-mana, pengunjungnya juga sepi. Tapi, menurut tour guide yang mengantarkan kami-mas kripik-, pantai Manggar adalah satu satunya pantai yang jalur masuknya paling mudah, tidak berkelok kelok.

Tiket masuknya hanya sekitar Rp2.000 dan tambahan Rp4000 bagi yang memakai kendaraan bermobil. Tidak begitu jauh dari bibir pantai, kita dapat melihat penjual-penjual minuman dan makanan khas pantai. Mulai dari kelapa hijau hingga bakso di jajahkan di etalase-etalase grobak. Selesai berfoto-foto disekitar pantai, kami mampir di sebuah kedai dan memesan es kelapa muda yang segarnya dicuaca panas begini. Mas Kripik, Mas guntur-tour guide kami- menceritakan banyak tempat-tempat menarik di Kalimantan ini.

Setelah lumayan lama kami berbincang, kami memutuskan untuk berhenti sejenak di sebuah warung makanan pinggir jalan yang ada di kisaran Sepinggan. Ayam bakar dan ikan bakar saus merah menjadi menu utama hari ini. Harganya cukup terbilang murah dibanding dengan rasanya yang mantap ditambah sambal acar yang super pedas, hanya Rp18.000, kita dapat menikmati ayam/ikan bakar, sebakul kecil nasi putih, sambar acar, dan tak lupa sayur sop. Ini yang membuat saya tertarik dengan ikan/ ayam bakar di Sepinggan, baru kali pertama saya melihat dan mendengar memakan ikan/ayam bakar dengan sajian sayur sop ataupun sayur asam keladi yang terbuat dari talas. Satu lagi makanan yang membuat saya tercengang disini, ternyata pada menu bakso kita akan diberikan lontong atau buras yang bisa dimakan bersamaan dengan bakso tersebut.

Sumber: detiktravel