Bali – Jam 11 siang ketika matahari belum mencapai puncaknya di langit, pantai Tulamben tampak begitu tenang. Ombak tidak muncul seperti biasanya. Saat itu, 11 Oktober 2010 memang bulan terbaik untuk melakukan penyelaman di Tulamben.

pantai-tulamben

Siap dengan semua peralatan, para penyelam berjalan menuju pantai untuk kemudian menenggelamkan diri melihat kemegahan bangkai kapal USS Liberty, sebuah rumah sekaligus taman bermain bagi ribuan ikan penghuni bawah laut Tulamben. Daerah di Timur Laut pulau Bali ini memang sangat terkenal akan aktivitas kehidupan bawah lautnya. Dari satu kapal karam ini, sudah cukup untuk memperbaiki kehidupan desa yang tadinya merupakan desa nelayan sepi, kini menjadi desa pariwisata yang terkenal hingga ke mancanegara.

40 meter dari pinggir pantai, di kedalaman 5 meter saja, taman bermain itu sudah jelas terlihat. Ratusan ikan menyambut kedatangan para penyelam untuk mengajaknya bermain mengelilingi rumah mereka. Belasan Surgeon fish menyapa dengan riang, berenang ke sana-sini, berharap para penyelam ini membawa sesuatu untuk mereka.

Dengan iringan ikan-ikan kecil, mereka dengan ramahnya menunjukkan kebesaran USS Liberty. Besi-besi tua yang kini sudah ditumbuhi berbagai macam coral dan sponge, telah berubah sepenuhnya menjadi kompleks perumahan bagi mereka. Angel fish, Bat fish, Anemon fish, Scorpion fish, Leaf Scorpion fish merupakan penghuni tetap di sana. Jika beruntung, ada seekor Baracuda besar yang suka berkeliling seakan mengawasi keadaan sekitar rumah mereka. Tidak seperti Baracuda lainnya, jika ia memisahkan diri dari rombongan, pertanda ia akan mencari makan. Baracuda di sini, sudah cukup jinak. Ia terbiasa melihat para penyelam. Saking jinaknya, bahkan ia sanggup meladeni belasan fotografer underwater yang ingin memotretnya. Sungguh lucu melihat ikan-ikan di sana yang gemar mendekati penyelam dan berpose di depan kamera. Ada lagi schooling ratusan Jack fish yang hobi berputar-putar di atas kepala penyelam.

Kehidupan bawah laut Tulamben memang memberikan kesenangan tersendiri di hati para penyelam yang bermain ke sana. Kemudahan lokasi dan keadaan di bawah laut Tulamben ini sangat cocok untuk semua tingkatan penyelam, bahkan yang masih pemula. Dari sebuah bangkai kapal sanggup menghidupi jutaan mahluk hidup di sekitarnya. Fenomena alam yang membawa keberuntungan untuk kita semua.

Sumber: detiktravel