Pantai KaranggongsoJawa Timur – Di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur banyak terdapat wisata pantai dan salah satu nya yang terkenal adalah Pantai Prigi yang terletak di Kecamatan Watulimo berjarak  + 50 km dari kota Trenggalek. Kota Trenggalek sendiri  berjarak + 200 km dari kota Surabaya.

Dalam perjalanan ke pantai Prigi akan kita jumpai sebuah Goa yang terkenal dengan nama Goa Lowo dan juga petunjuk-petunjuk arah untuk menuju ke pantai-pantai lain di sekitar pantai Prigi. Memang masih banyak pantai di Kabupaten Trenggalek ini yang berpotensi untuk bisa dijadikan obyek wisata karena keindahannya. Dari pantai Prigi sendiri apabila kita menuju ke arah Timur + 3 km kita akan menemukan pantai dengan pasir putihnya yang indah yaitu Pantai Karanggongso.

Pantai Karanggongso ini berair jernih dan berombak tenang sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk berenang , bermain air atau hanya sekedar duduk-duduk di atas hamparan pasir putih di tepi pantai sambil menikmati keindahan alam. Pengunjung tidak perlu khawatir kepanasan karena di sepanjang pantai ini banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang.

Bagi yang ingin berkeliling di laut   sekitar sini  juga bisa naik perahu yang banyak tersedia di tepi pantai dengan harga  Rp.10.000 per orang untuk berkeliling di sekitar laut dan mengitari Pulau Mutiara yang berada di sekitar pantai Karanggongso selama kurang lebih ½ jam. Pulau Mutiara sebenarnya adalah sebuah bukit karang yang berada di laut dekat pantai ,Namun dengan adanya pulau ini turut menambah keindahan pemandangan di sekitar pantai Karanggongso. Bagi yang ingin bermain air tapi tidak bisa berenang , disana juga tersedia persewaan ban untuk berenang.

Di sekitar pantai juga sudah banyak tersedia penginapan bagi mereka yang ingin menginap dan rumah makan-rumah makan yang banyak menyediakan es kelapa muda maupun aneka masakan seafood sehingga pengunjung tidak perlu terlalu repot dengan urusan fasilitas.

Menurut para pedagang yang ada disana , pantai Karanggongso ini banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan ataupun pada hari-hari libur nasional. Menurut mereka wisatawan tidak hanya datang dari Indonesia saja tetapi banyak juga wisatawan mancanegara yang berkunjung kesini. Kebanyakan wisatawan asing tertarik di sini karena pantainya yang masih perawan dan eksotis. Memang pantai ini masih perawan dan dikelilingi dengan bukit-bukit yang hijau serta ombak yang berkejaran menghantam pasir-pasir putih disepanjang pantai  membuat mata kita  dimanjakan dengan panorama pantai yang indah ini.

Sumber : detiktravel