Siapa yang tidak tergoda dengan tiket supermurah yang ditawarkan maskapai berbiaya rendah? Namun, semua orang perlu tahu bahwa masih ada bermacam-macam ongkos tambahan yang tidak tercantum di iklan maskapai murah. Jika konsumen tidak jeli, harga yang harus dibayar bisa beberapa kali lipat dari tarif yang diiklankan.

Banyaknya ongkos tambahan ini sering mengundang kritik dari konsumen. Percaya tidak, sebuah maskapai murah asal Eropa pernah berencana menarik ongkos bagi penumpang yang ingin menggunakan toilet pesawat. Untungnya, rencana itu tak terlaksana karena ada protes keras dari konsumen.


Calon penumpang sebuah maskapai penerbangan murah sedang antre untuk mendaftarkan diri. Foto: AP/Mark Baker

Meski tidak semua biaya tambahan ini bisa dihilangkan, ada beberapa cara untuk menekan jumlahnya. Simak panduan berikut ini untuk menghindari ongkos tambahan yang tak perlu.

Bersahabat dengan Internet

Untuk mendapatkan tawaran harga terbaik, Anda harus memesan tiket melalui situs resmi maskapai penerbangan. Konsumen akan dibebankan biaya pemesanan yang lebih mahal kalau membeli tiket lewat agen. Selain itu, tarif promosi yang sering diiklankan biasanya hanya berlaku untuk pembelian lewat situs resmi.

Lakukan check–in mandiri

Dengan dalih efisiensi, ada maskapai penerbangan yang menarik biaya bagi penumpang yang memilih check-in di bandara. Barangkali ini terdengar mengada-ada dan merugikan konsumen. Bukankah sudah menjadi kewajiban semua maskapai penerbangan untuk melayani penumpang yang check-in?

Sayangnya, Indonesia belum punya peraturan untuk melarang ongkos tambahan ini. Satu-satunya cara menghindarinya adala dengan melakukan check-in mandiri via Internet atau lewat aplikasi khusus di telepon seluler. Minta bantuan teman atau keluarga bila Anda belum familiar.

Abaikan tawaran asuransi

Konsumen awam mungkin akan terusik dengan tawaran asuransi yang muncul saat memesan tiket lewat Internet. Tak perlu ragu untuk mengklik “tidak” karena semua penumpang sebenarnya sudah diasuransikan. Itu hanya asuransi tambahan yang memberi Anda perlindungan ganda. Kalau Anda berminat dengan asuransi tambahan, sebaiknya langsung membeli lewat kantor perusahaan asuransi yang menawarkan program perlindungan lebih lengkap dengan tarif jauh lebih murah.

Cukup bawa tas kabin

Apakah mungkin terbang ke luar negeri hanya berbekal tas kabin yang beratnya di bawah 7 kg? Sangat mungkin dan banyak orang sudah melakukannya untuk menghindari biaya bagasi yang mahal.

Tak sulit menemukan layanan pencucian baju di lokasi wisata populer di negara-negara Asia. Jadi, mengapa Anda harus membawa banyak pakaian? Barang-barang yang bisa didapatkan dengan mudah di lokasi tujuan sebaiknya juga tak perlu dibawa. Misalnya makanan, sabun, shampo dan berbagai produk perawatan tubuh lainnya. Meski kelihatan sepele, ini bisa mengurangi berat barang bawaan secara signifikan.

Abaikan tawaran memilih kursi

Anda tak perlu tergoda dengan iming-iming kursi yang nyaman atau tawaran naik ke pesawat lebih dulu karena semua itu tidak diberikan secara gratis. Pikirkan lagi, apakah Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk mendapatkan kursi di dekat jendela? Lagipula, Anda masih bisa mendapatkan tempat duduk nyaman tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Anggota rombongan kecil atau pasangan yang check-in bersamaan otomatis akan mendapatkan kursi yang berdekatan. Seperti penerbangan lainnya, maskapai murah biasanya juga memberi kesempatan lebih dulu bagi orang usia lanjut dan penumpang yang membawa anak kecil untuk naik ke pesawat. Kalau Anda masuk kategori tersebut, tak perlu mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk naik ke pesawat lebih dulu.

Jangan membeli makanan di pesawat

Makanan yang dijual di pesawat harganya jauh lebih mahal dari toko di darat. Sebagai alternatif, Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran. Namun harus diingat, Anda tidak dibolehkan membawa minuman saat melewati pemeriksaan di bandara. Namun, makanan dalam bentuk padat masih bisa dibawa ke dalam kabin.

Beberapa maskapai penerbangan melarang penumpangnya mengonsumsi makanan yang dibawa sendiri. Meskipun begitu, tidak ada aturan resmi mengenai hal ini. Jika ingin konsumsi makanan yang dibawa sendiri, sebaiknya Anda melakukannya secara tidak mencolok supaya terhindar dari perhatian awak kabin.

Periksa ulang sebelum konfirmasi pembayaran

Saat memesan tiket lewat Internet, beberapa biaya tambahan baru muncul setelah kita mengisi data diri dan siap mengonfirmasi pembayaran. Tentunya ini agak menjengkelkan karena seolah-olah perusahaan penerbangan menyembunyikan harga asli yang harus dibayar konsumen.

Tiap maskapai penerbangan punya istilah yang berbeda untuk menyebut biaya tambahan ini. Ada yang menyebutnya convenience fee, biaya pemesanan, biaya administrasi, dan masih banyak istilah lainnya. Perbedaan ini membuat konsumen makin kesulitan membandingkan harga serta menghitung ongkos tiket keseluruhan. Karena itu, sebelum mengonfirmasi pembayaran, pastikan Anda memeriksa ulang semua biaya yang harus dikeluarkan.

Sumber: Yahoo! Travel