Pantai Sulamadaha (M Risalah)

Bandara Sultan Babullah di Ternate, Maluku Utara ditutup sampai 9 Desember, menyusul abu vulkanik Gunung Gamalama. Jika Anda terlanjur berencana liburan ke sana, kapal Pelni bisa menjadi alternatif selain pesawat.

“Telah dikeluarkan Notice to Airmen (Notam) baru C0935. Bandara Sultan Babullah akan ditutup hingga 9 Desember pukul 23.00 UTC,” kata Kepala Puskom Publik Kemenhub Bambang S Ervan kepada detikcom, Rabu (7/12/2011).

Dalam Notam, sambung dia, dijelaskan perpanjangan penutupan Bandara Babullah karena aktivitas Gunung Gamalama. Bambang meminta pengertian masyarakat yang tidak bisa menggunakan layanan penerbangan dari dan menuju Ternate.

“Mohon dimengerti karena ini untuk keamanan. Meski tidak bisa menggunakan pesawat, tapi ada angkutan laut melalui kapal Pelni maupun kapal perintis,” sambung Bambang.

Dia menegaskan Ditjen Perhubungan Laut telah menyiapkan kapal untuk mendukung angkutan barang dan orang dari dan menuju Ternate.

Gunung Gamalama (1.715 mdpl) sejak 4 Desember 2011 pukul 23.00 WITA, statusnya dinaikkan dari waspada ke siaga. Gamalama merupakan salah satu gunung api yang ada di Provinsi Maluku Utara dan merupakan tempat tujuan wisata favorit.

Namun, traveler tidak hanya datang ke Ternate karena Gunung Gamalama. Masih ada sejumlah destinasi wisata favorit lainnya di Ternate.

Ada Pantai Sulamadaha dengan pemandangan indah karena menghadap Pulau Hiri. Nah, jika Anda penggemar wisata sejarah, di Ternate ada benteng Tolukko yang merupakan peninggalan Portugis. Ada juga sisa-sisa Kesultanan Ternate yang istananya masih bisa Anda kunjungi.

Nurvita Indarini – Detiknews

Sumber: Detiktravel