jangan tunda liburan ke bantenProvinsi Banten tidak hanya punya pantai cantik Sawarna dan Anyer saja. Provinsi paling barat di Pulau Jawa ini juga memiliki Pulau Tunda yang memesona. Jadi, jangan pernah menunda traveling ke Pulau Tunda.

Sepertinya belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan Pulau Tunda di Kecamatan Tirtayasa, Serang, Banten. Hal ini terlihat dari keadaan alamnya yang masih alami. Padahal, Pulau Tunda juga memiliki kelebihan keindahan alam yang memesona.

Misalnya saja keindahan bawah lautnya masih alami. Terumbu karang dan biota lautnya sangat beragam. Untuk mencapai Pulau Tunda, wisatawan bisa melakukan perjalanan melalui Tol Kebon Jeruk-Merak dan keluar di pintu Tol Serang Timur. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke dermaga kecil bernama Karang Hantu.

Dari dermaga ini, wisatawan bisa menggunakan perahu kayu milik nelayan setempat untuk menuju ke Pulau Tunda. Panorama laut nan biru dan alunan ombak yang mengayun menemani perjalanan. Lama perjalanan mengarungi lautan sekitar 2 jam karena kapal yang agak lambat.

Selain menyewa kapal untuk ke Pulau Tunda, wisatawan juga bisa menggunakan KMP Tunda yang melayani transportasi untuk masyarakat setempat dengan tarif Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk pelajar. Jadwal kapal dari Pelabuhan Karang Hantu ke Pulau Tunda, sekitar pukul 13.00 WIB, sedangkan jadwal kapal dari Pulau Tunda ke Pelabuhan Karang Hantu, pukul 07.00 WIB.

Sumber: Detik Travel