img

Jakarta – Indonesia sudah mempesona mulai dari ujung baratnya di Provinsi Aceh. Jarak bukan masalah, karena tempat berjuluk Serambi Makkah ini adalah pilihan sempurna untuk liburan berikutnya.

Gelombang tsunami pada tahun 2004 memang pernah melumat provinsi ini nyaris separuhnya. Namun hal itu tidak mengurangi pesona yang bisa ditawarkan Aceh.

Aceh punya jejak historis yang panjang, kekayaan budaya Islam dan berkah Tuhan dari laut dan gunungnya. Aceh menjelma sebagai permata wisata di ujung barat Indonesia.

Travel Highlight kali ini mengupas segala keunggulan Aceh sebagai tempat liburan Anda selanjutnya. Walau berada di ujung barat negeri, Aceh punya banyak destinasi menarik untuk wisatawan. Aneka fasilitas dan akomodasinya boleh diadu dengan wilayah lain di Indonesia.

Untuk transportasi, aneka pesawat, bus antar provinsi dan kapal laut siap mengantar wisatawan. Aneka hotel murah sampai hotel berbintang tinggal dipilih wisatawan. Kota Banda Aceh sebagai ibukota provinsi dan Kota Sabang di Pulau Weh, menjadi kota tujuan utama untuk liburan di provinsi Aceh.

Banda Aceh memiliki semua kriteria yang dibutuhkan sebuah kota destinasi wisata. Ada landmark berupa Masjid Baiturrahman, masjid bersejarah yang tak goyang diterpa tsunami. Mau makan enak pun banyak pilihannya dari mie Aceh sampai kopi Aceh yang begitu khas tiada dua.

Tsunami setelah 9 tahun kemudian, bekas-bekasnya justru membuat wisatawan datang ke Aceh. Museum Tsunami menjadi tempat yang harus Anda datangi. Ada juga kapal PLTD Apung, kapal besar yang diseret tsunami sampai ke tengah kota dan kini menjadi monumen mengenang tsunami.

Kota Sabang menjadi pelengkap pesona Aceh dengan aneka mobil mewah yang hilir mudik karena ini zona ekonomi khusus. Tugu Nol Kilometer Indonesia di Sabang, adalah tempat yang super wajib didatangi. Ketika ada lagu ‘Dari Sabang Sampai Merauke’, Sabang yang dimaksud adalah titik nol kilometer ini.

Tapi selain itu, Sabang juga punya aneka pantai dari Pantai Iboih, Pantai Sumur Tiga, sampai Pantai Kasih. Tapi di pulau utama Aceh pun penuh pantai menarik mulai dari Pantai Lhok Nga sampai Pantai Ujung Batee.

Untuk mereka para pecinta alam bebas, Aceh juga adalah tempat petualangan untuk Anda. Rafting di Sungai Alas sudah tersohor di dunia. Ombak yang menggulung di Pulau Simeuleu jauh lebih terkenal lagi di mata wisatawan mancanegara. Sementara para penjelajah hutan akan jatuh cinta dengan Taman Nasional Gunung Leuser yang sangat liar.

Jika Indonesia adalah sebuah buku, maka Aceh adalah halaman pertama buku dengan berlapis emas, uliran dan ukiran indah. Aceh adalah bukti kepada dunia, bahwa Indonesia sudah cantik mulai dari ujung baratnya. Semakin menjelajah ke timur, maka akan semakin cantik Indonesia.

Kini, giliran Anda menikmati kecantikan Aceh, dalam liburan selanjutnya!

Sumber : Detik Travel

img

Iklan